Rapat Koordinasi Bidang Organisasi Se Provinsi Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Barat Dan Papua Barat Daya Di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara

Pelaksanaan Rapat Koordinasi Teknis Bidang Organisasi (RAKORNIS)  Se Provinsi Papua, Papua Pegunungan, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Barat dan Papua Barat Daya Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Biro Organisasi Setda Provinsi Papua di Kota Ternate  Provinsi Maluku Utara yang bertempat di Bela Hotel Ternate Jln. Jati Raya. mendapatkan antusias dari para peserta dari Daerah Otonomi Baru (DOB) tersebut. Pelaksanaan kegiatan rapat koordinasi teknis ini diselenggaran selama 2 (dua) hari dari tanggal 3-4 Juni 2024.

Dalam sambutan Pj. Gubernur Papua, Dr. M. Ridwan Rumasukun, SE.,MM menyampaikan tujuan untuk meningkatkan kelembagaan perangkat daerah yang tepat ukur, tepat fungsi, kualitas pelayanan publik yang efektif, kinerja yang akuntabel serta sumber daya aparatur yang handal dan  memperluas inovasi dan reformasi birokrasi demi tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, akuntabel, dan demokratis berbasis teknologi informasi.

Hadirin yang berbahagia, saya berharap melalui forum rapat koordinasi teknis bidang organisasi, dapat dihasilkan kesepakatan bersama yang akan ditindaklanjuti Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi terkait perubahan kebijakan penataan organisasi dan segera menyusun langkah-langkah konkrit dan mampu mendatangkan peningkatan kesejahteraan dan keadilan di tanah papua.

Penyampaian Materi Tentang Kewenangan Kebijakan Pelaksanaan Otonomi Khusus Di Papua terkait Peraturan Daerah Khusus Provinsi Papua (PERDASUS) dibawakan oleh Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Papua Bapak Y. Derek Hegemur SH.,MH. kemudian dilanjutkan oleh Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Papua Ibu Sofia Bonsapia, SH.,MH yang membawakan materi memuat tentang menyusun produk hukum daerah terkait pelaksanaan kebijakan OTSUS.

Tidak hanya sampai disitu, Biro Organisasi juga menghadirkan Narasumber dari Kementerian Dalam Negeri Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Wilayah V Direktur Fasilitasi Kepegawaian, Kelembagaan Perangkat Daerah (FKKPD) yang dihadiri oleh Plh. Direktur FKKPD Bapak Paskalis Baylon Meja yang membawakan materi tentang  Materi Kelembagaan Perangkat Daerah Dalam Rangka Pelaksanaan Kebijakan Otonomi Khusus (OTSUS).